Serius! Ini Tempat Wisata yang Bikin Kamu Kaya Raya

Taman Nasional Arkansas di AS tidaklah taman nasional biasa. Datang ke sini, kamu bisa membawa pulang berlian yang harganya ratusan juta rupiah. Serius! Taman Nasional Arkansas terletak di Negara Bagian Arkansas. Jaraknya 1 jam naik mobil dari Little Rock, pusat negara bagiannya atau 3 jam dari Kota Dallas yang terdapat di Texas. Membuka sejak tahun … Continue reading “Serius! Ini Tempat Wisata yang Bikin Kamu Kaya Raya”

Taman Nasional Arkansas di AS tidaklah taman nasional biasa. Datang ke sini, kamu bisa membawa pulang berlian yang harganya ratusan juta rupiah. Serius! Taman Nasional Arkansas terletak di Negara Bagian Arkansas. Jaraknya 1 jam naik mobil dari Little Rock, pusat negara bagiannya atau 3 jam dari Kota Dallas yang terdapat di Texas. Membuka sejak tahun 1923, taman nasional ini mempunyai luas hingga 4 ribu hektar.

Di Taman Nasional Arkansas terbagi dalam 52 bagian yang tiap-tiapnya mempunyai tema tersendiri. Yang paling banyak mengambil perhatian, adalah Crater of Diamonds State Park yang memiliki luas sekitar 369 hektar. Dihadirkan dari situs resmi Crater of Diamonds State Park, lokasi ini awalnya adalah lahan yang dimiliki oleh perusahaan Arkansas Diamond Company and Ozark Diamond Mines Corporation. Perusahaan yang bekerja di dunia penambangan berlian.

Daerah Crater of Diamonds State Park itu adalah wilayah yang kaya dengan berlian. Sejak tahun 1900-an, perusahaan Arkansas Diamond Company and Ozark Diamond Mines Corporation sering menambang berlian di sana. Seiring berjalannya waktu, menurut informasi pemerintah AS ambil alih tambang tersebut. Bobot tambangnya dibuat untuk kebutuhan biaya negara. Namun disayangkan, untuk menggali berlian juga diperlukan biaya besar dan kala itu AS sendiri tengah dalam zaman Perang Dunia.

Jadilah area tambangnya tidak terjamin lagi. Di tahun 1950-an, adalah Howard A Millar orang yang terakhir yang menggenggam sertifikat tanah tambang di sana. Dengan istrinya, dirinya pun membuka area tambangnya untuk pariwisata alias dibuka untuk publik.

Tahun 1972, kemudian Taman Nasional Arkansas menggunakan wilayah tambangnya untuk masuk kedalam bagian taman nasionalnya. Jadilah dinamakan Crater of Diamonds State Park sampai dengan sekarang, yang berada di bawah pengawasan pemerintahan setempat. Pemandangan Crater of Diamonds State Park berupa tanah yang tandus dan luas. Masyarakat disana atau wisatawan yang berekreasi ke sana, boleh datang dan serunya boleh hunting berlian!

Tahun 2013, salah seorang bocah berusia 12 tahun asal North Carolina, Michael Detlaff sukses mengangkut berlian 5,16 karat. Jika berlian punya bocah itu dipotong dan dipoles, lalu bisa mencapai harga kira-kira USD 12-15 ribu atau setara Rp 156 sampai Rp 195 juta!

Berlian Asli

Di tahun yang sama, Tana Clymer pun mengantongi berlian dari Crater of Diamonds State Park. Dirinya menemukan berlian yang ukurannya sama dengan ukuran mata ikan dengan kandungan 4,21 karat yang harganya tidak jauh beda dengan Michael Detlaff. Tahun 2015, turis setempat Bobbie Oskarson dari Orlando mendapatkan berlian 8,52 karat. Ditaksir harganya mencapai hingga Rp 500 juta!

Untuk mendapatkan berlian, pengunjung Crater of Diamonds State Park boleh membawa sekop kecil. Jika hoki langsung lihat berlian yang berkilau atau musti menggali tanah dengan pelan-pelan. Berlian yang didapatkan dengan warna biru, kuning, hitam dan bening pun free dibawa pulang! Wisatawan hanya diwajibkan membayar tiket masuk senilai USD 16 (Rp 208 ribu) saja. Sejak pertama dibuka, 400 lebih orang yang dapatkan berlian di sana. Seluruh peneliti pun menilai, kandungan berlian di dalam tanah Crater of Diamonds State Park masih tetap banyak. Walaupun berlian yang sudah ditemukan turis-turis di sana melimpahnya tak sampai sebesar uang koin (lantaran hanya tinggal sisa-sisa rekahan berlian).

Leave a Reply

Your email address will not be published.