Cara Mendapatkan Hak Paten Adalah Cara Yang Terpenting Untuk Diketahui

Barangkali sebagian dari Kamu masih bingung dengan apa sebetulnya hak paten itu. Gampangnya, hak paten adalah perlindungan HKI untuk kekayaan yang bersifat berbasis teknologi. Hak Paten Pada biasanya, istilah ini lebih sering disebut dengan invensi dan memiliki solusi teknis untuk masalah yang terdapat di teknologi sebelum-sebelumnya. Maka dari itu, paten masih tetap ada keterkaitannya dengan … Continue reading “Cara Mendapatkan Hak Paten Adalah Cara Yang Terpenting Untuk Diketahui”

Hak Paten

Barangkali sebagian dari Kamu masih bingung dengan apa sebetulnya hak paten itu. Gampangnya, hak paten adalah perlindungan HKI untuk kekayaan yang bersifat berbasis teknologi.

Hak Paten

Pada biasanya, istilah ini lebih sering disebut dengan invensi dan memiliki solusi teknis untuk masalah yang terdapat di teknologi sebelum-sebelumnya. Maka dari itu, paten masih tetap ada keterkaitannya dengan industri kreatif yang berdasar teknologi.

Bila Kamu mendapatkan sesuatu yang baru serta belum disahkan di dunia internasional atau nasional dan ingin dipatenkan, maka cepatlah mendaftarkan hak paten ini kepada Dirjen HAKI. Usai memperoleh sertifikat, maka Kamu baru boleh mempublikasikannya. Bila Kamu telah mempublikasikannya, maka terdapat peluang penemuan Kamu ini disahkan oleh orang lain. Disamping itu, hal yang bersifat mempunyai langkah inventif pun dapat dipatenkan. Hal ini dapat dilakukan untuk invensi yang tidak terduga. Bila Kamu mempunyai silusi untuk mengatasi sebuah masalah dengan menggunakan teknologi, maka hal ini dapat dipatenkan. Terakhir, hal yang dapat dipatenkan pun dapat diterapkan di bidang industri. Maka, bila Kamu mempunyai satu ataupun lebih kriteria di atas, ada bagusnya untuk tahu seperti apa mendapatkan hak paten untuk mematenkan karya Kamu.

Pada umumnya, hak paten berlaku sepanjang 20 tahun. Usai 20 tahun itu, maka karya berbentuk temuan ini dapat dipakai oleh siapa pun tanpa musti meminta izin lebih dulu. Maka dari itu, bila Kamu adalah orang pertama yang mendapatkan karya penemuan ini, tidak ada salahnya untuk mendaftarkannya supaya memperoleh hak paten serta melengkapi peraturan yang telah disediakan. Bagaimana Cara Mendapatkan Hak Paten?

Hak Kekayaan Intelektual

Bila Kamu tahu seperti apa cara mendapatkan hak paten, maka terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan. Dalam mengajukan hak paten, Kamu musti membuat pengajuan didalam bentuk bahasa Indonesia serta diketik, dan rangkap 4. Lampirkan pula adanya surat kuasasurat pengalihan hak (untuk pengajuan bila bukan salah satu penemu), abstrak, deskripsi, serta klaim yang masing2 dirangkap 3 baca syaratnya.

Setelah tahu tentang cara mendapatkan hak paten sebagaimana yang ada di atas, barangkali Kamu ingin tahu berapa lama waktu yang diperlukan untuk menangani hak paten. Bila Anda mengurus hak paten ini, maka saat pengurusan ini pada umumnya dapat menghabiskan waktu hingga dengan 6 tahun. Tapi, ada pula yang dapat kurang dari kurun waktu itu. Kamu barangkali juga mulai ingin tahu dengan berapa total biaya yang musti dikeluarkan untuk mengurus hak paten, ‘kan? Bila ya, maka sebetulnya biaya itu sendiri pun tidak sama. Bila Kamu mempunyai penemuan tertentu serta sekiranya berguna dan ingin dipatenkan, maka tidak ada salahnya untuk mengurus hak paten itu.

Sehingga, apa yang Kamu dapatkan dapat diakui. Bila Kamu ingin mengurus hak paten, maka terdapat 3 pilihan yang dapat Kamu jadikan pilihan untuk menjadi lembaga yang menangani hal ini. Kamu bisa mengurus pemerolehan hak paten di Dirjen HAKI, lewat kantor wilayah Kemenkum HAM di semua wilayah Indonesia, ataupun dapat juga ke kuasa hukum HKI yang telah terdaftar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.